BAB 5, Seni Teater Tradisional (Kelas X)
Berikut ini soal-soal dan jawaban dari bab Seni Teater Tradisional.
1. Keras lemahnya suara yang dihasilkan dari pengucapan suatu kata atau kalimat disebut . . . .
A. dinamika
B. kekuatan
C. artikulasi
D. imitasi
E. intonasi
Jawaban:
B. kekuatan
2. Suatu proses latihan untuk mengasah kepekaan pancaindra dan perasaan disebut . . . .
A. olah raga
B. olah sukma
C. olah suara
D. olah tubuh
E. olah bunyi
Jawaban:
B. olah sukma
3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Dialognya dibawakan secara improvisasi.
2) Ada naskah baku dalam bentuk bedrip.
3) Pertunjukan lebih mengutamakan isi seni (nilai pesan).
4) Pertunjukan lebih mengutamakan bentuk seni (estetis).
5) Peralatan dan tata panggungnya lebih sederhana.
Pernyataan di atas yang menunjukkan ciri-ciri teater tradisional adalah nomor . . . .
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawaban:
B. 1), 3), dan 5)
4. Gerak-gerik tubuh dikenal dengan istilah . . . .
A. mimik
B. gesture
C. acting
D. blocking
E. moving
Jawaban:
B. gesture
5. Konsentrasi sangat penting dalam seni pemeranan, oleh karenanya para pemain peran harus serius dalam latihan konsentrasi. Bentuk latihan konsentrasi adalah . . . .
A. mengucapkan kalimat berulang-ulang
B. pemusatan pikiran pada suatu objek
C. latihan memenuhi pikiran dengan banyak khayalan
D. mengucapkan kalimat atau dialog panjang tanpa jeda
E. menggerakan semua anggota tubuh secara harmonis
Jawaban:
B. pemusatan pikiran pada suatu objek
6. Tujuan latihan keseimbangan tubuh adalah . . . .
A. melatih kekuatan fisik
B. melenturkan otot-otot tubuh yang kaku
C. melatih kemampuan otak menguasai tubuh
D. mengeraskan dan menguatkan volume suara
E. memperkuat dan memperlancar pernapasan
Jawaban:
C. melatih kemampuan otak menguasai tubuh
7. Lawan tokoh utama yang menghalangi atau menghambat tokoh utama dalam menjalankan tugasnya atau mencapai tujuannya dinamakan tokoh . . . .
A. antagonis
B. protagonis
C. deutragonis
D. raisonneur
E. tritagonis
Jawaban:
A. antagonis
8. Tokoh utama yang berhati baik adalah tokoh . . . .
A. protagonis
C. deutragonis
D. foil
E. tritagonis
Jawaban:
A. protagonis
9. Pengaturan tinggi rendah pemain dalam ruang pentas disebut . . . .
A. blocking
B. moving
C. business
D. leveling
E. acting
Jawaban:
D. leveling
10. Untuk melatih daya imajinasi pemain peran bisa dengan . . . .
A. latihan mengosongkan pikiran
B. melakukan kegiatan keseharian seolah-olah menirukan
C. pemusatan pikiran pada peristiwa tertentu secara khayal
D. mengucapkan kalimat atau dialog pendek dengan cara diulang
E. pengucapan kata-kata bersuara atau tidak bersuara dengan tempo yang berbeda-beda
Jawaban:
B. melakukan kegiatan keseharian seolah-olah menirukan
11. Kemampuan seseorang dalam menciptakan daya khayal disebut . . . .
A. pengindraan
B. kepekaan sukma
C. kepekaan rasa
D. imajinasi
E. konsentrasi
Jawaban:
D. imajinasi
12. Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan blocking adalah . . . .
A. kedudukan tubuh di atas panggung
B. posisi pemeran di atas panggung
C. pergerakan tempat yang dilakukan pemain
D. aktivitas pemeran dalam mengatasi kebosanan
E. pengaturan tinggi rendah pemain
Jawaban:
A. kedudukan tubuh di atas panggung
13. Berikut tujuan adanya latihan kekuatan tubuh adalah . . . .
A. memiliki stamina yang kuat
B. fisik kuat dan pernapasan sehat
C. memiliki artikulasi yang jelas
D. mengasah kepekaan pancaindra
E. mengendalikan diri
Jawaban:
B. fisik kuat dan pernapasan sehat
14. Latihan pengucapan suara dengan jelas serta nyaring adalah . . . .
A. olah tubuh
B. olah suara
C. olah bunyi
D. olah rasa
E. olah sukma
Jawaban:
B. olah suara
15. Berikut istilah yang berhubungan dengan ruang adalah . . . .
A. blocking
B. moving
C. bisnis
D. leveling
E. density
Jawaban:
D. leveling
1. Keras lemahnya suara yang dihasilkan dari pengucapan suatu kata atau kalimat disebut . . . .
A. dinamika
B. kekuatan
C. artikulasi
D. imitasi
E. intonasi
Jawaban:
B. kekuatan
2. Suatu proses latihan untuk mengasah kepekaan pancaindra dan perasaan disebut . . . .
A. olah raga
B. olah sukma
C. olah suara
D. olah tubuh
E. olah bunyi
Jawaban:
B. olah sukma
3. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
1) Dialognya dibawakan secara improvisasi.
2) Ada naskah baku dalam bentuk bedrip.
3) Pertunjukan lebih mengutamakan isi seni (nilai pesan).
4) Pertunjukan lebih mengutamakan bentuk seni (estetis).
5) Peralatan dan tata panggungnya lebih sederhana.
Pernyataan di atas yang menunjukkan ciri-ciri teater tradisional adalah nomor . . . .
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)
Jawaban:
B. 1), 3), dan 5)
4. Gerak-gerik tubuh dikenal dengan istilah . . . .
A. mimik
B. gesture
C. acting
D. blocking
E. moving
Jawaban:
B. gesture
5. Konsentrasi sangat penting dalam seni pemeranan, oleh karenanya para pemain peran harus serius dalam latihan konsentrasi. Bentuk latihan konsentrasi adalah . . . .
A. mengucapkan kalimat berulang-ulang
B. pemusatan pikiran pada suatu objek
C. latihan memenuhi pikiran dengan banyak khayalan
D. mengucapkan kalimat atau dialog panjang tanpa jeda
E. menggerakan semua anggota tubuh secara harmonis
Jawaban:
B. pemusatan pikiran pada suatu objek
6. Tujuan latihan keseimbangan tubuh adalah . . . .
A. melatih kekuatan fisik
B. melenturkan otot-otot tubuh yang kaku
C. melatih kemampuan otak menguasai tubuh
D. mengeraskan dan menguatkan volume suara
E. memperkuat dan memperlancar pernapasan
Jawaban:
C. melatih kemampuan otak menguasai tubuh
7. Lawan tokoh utama yang menghalangi atau menghambat tokoh utama dalam menjalankan tugasnya atau mencapai tujuannya dinamakan tokoh . . . .
A. antagonis
B. protagonis
C. deutragonis
D. raisonneur
E. tritagonis
Jawaban:
A. antagonis
8. Tokoh utama yang berhati baik adalah tokoh . . . .
A. protagonis
B. antagonis
C. deutragonis
D. foil
E. tritagonis
Jawaban:
A. protagonis
9. Pengaturan tinggi rendah pemain dalam ruang pentas disebut . . . .
A. blocking
B. moving
C. business
D. leveling
E. acting
Jawaban:
D. leveling
10. Untuk melatih daya imajinasi pemain peran bisa dengan . . . .
A. latihan mengosongkan pikiran
B. melakukan kegiatan keseharian seolah-olah menirukan
C. pemusatan pikiran pada peristiwa tertentu secara khayal
D. mengucapkan kalimat atau dialog pendek dengan cara diulang
E. pengucapan kata-kata bersuara atau tidak bersuara dengan tempo yang berbeda-beda
Jawaban:
B. melakukan kegiatan keseharian seolah-olah menirukan
11. Kemampuan seseorang dalam menciptakan daya khayal disebut . . . .
A. pengindraan
B. kepekaan sukma
C. kepekaan rasa
D. imajinasi
E. konsentrasi
Jawaban:
D. imajinasi
12. Pernyataan yang tepat untuk menjelaskan blocking adalah . . . .
A. kedudukan tubuh di atas panggung
B. posisi pemeran di atas panggung
C. pergerakan tempat yang dilakukan pemain
D. aktivitas pemeran dalam mengatasi kebosanan
E. pengaturan tinggi rendah pemain
Jawaban:
A. kedudukan tubuh di atas panggung
13. Berikut tujuan adanya latihan kekuatan tubuh adalah . . . .
A. memiliki stamina yang kuat
B. fisik kuat dan pernapasan sehat
C. memiliki artikulasi yang jelas
D. mengasah kepekaan pancaindra
E. mengendalikan diri
Jawaban:
B. fisik kuat dan pernapasan sehat
14. Latihan pengucapan suara dengan jelas serta nyaring adalah . . . .
A. olah tubuh
B. olah suara
C. olah bunyi
D. olah rasa
E. olah sukma
Jawaban:
B. olah suara
15. Berikut istilah yang berhubungan dengan ruang adalah . . . .
A. blocking
B. moving
C. bisnis
D. leveling
E. density
Jawaban:
D. leveling
Posting Komentar untuk "BAB 5, Seni Teater Tradisional (Kelas X)"